Senin, 07 Mei 2012

JUAL DIRI

ADOL AWAK

Jangan negatif dulu. Menjual diri yang dimaksud disini ialah menjual apa yang Anda miliki, yaitu keterampilan, waktu, dan tenaga diri. Bagi Anda yang pernah bekerja di suatu perusahaan berarti Anda pernah menjual diri. Proses melamar adalah proses menjual diri Anda kepada sebuah perusahaan.

Kabar baiknya ialah bahwa menjual diri bukan hanya untuk mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan. Menjual diri juga bisa digunakan untuk mendapatkan bisnis. Anda bisa menjual keterampilan Anda untuk mendapatkan bisnis, Anda juga bisa mendapatkan bisnis dengan waktu Anda, bahkan jika tidak, Anda bisa mendapatkan bisnis dengan tenaga Anda.

Sebagai contoh ialah saya memiliki kemampuan menulis dan membangun sebuah web site, sehingga saya mendapatkan bisnis bersama teman-teman saya yang memiliki konsep bisnis internet. Saya bergabung dengan mereka tanpa membawa uang, tetapi saya mendapatkan saham dari bisnis tersebut.

Bagaimana cara menjual diri? Menjual diri ada kemiripan dengan menjual produk. Istilah yang lebih tepat sebenarnya ialah memasarkan diri. Menjual diri adalah hanya bagian dari memasarkan diri. Konsep memasarkan diri sama dengan konsep memasarkan produk di suatu perusahaan.

Yang pertama ialah Anda harus memiliki strategi yang jitu. Anda harus tahu kepada siapa diri Anda dijual dan positioning apa yang Anda berikan kepada target pasar Anda. Anda akan sulit untuk menjual kepada semua orang, sebab Anda akan sulit sekali untuk memenuhi kebutuhan semua orang. Intinya Anda harus menempatkan diri yang sesuai dengan diri Anda dan target pasar Anda. Inilah inti dari strategi pemasaran.

Yang kedua ialah Anda harus memiliki dan melakukan taktik- taktik ampuh agar orang lain membeli Anda. Taktik itu intinya ialah komunikasi. Tanpa komunikasi orang lain tidak akan tahu keunggulan diri Anda. Dalam komunikasi Anda bisa melakukan dua cara yaitu soft selling dan hard selling. Hard selling ialah secara terang-terangan memberitahu target Anda bahwa Anda menjual diri Anda dengan segala keunggulan Anda. Sementara soft selling Anda menjual diri Anda secara halus tidak terang-terangan. Mana yang akan pilih? Pilihlah yang sesuai dengan situasi dan kondisi.

SELAMAT MENCOBAAAAAAAA,,,,!!!!!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

 
;